Friday, January 14, 2011

BM Gak Penting (part 1)

Suatu hari, gw nerima pesan Blackberry Messenger dari temen gw. Isinya sebagai berikut :




"Message from Jim Balsamic (CEO of RIM Blackberry) we have had an over usage of user names on Blackberry Messenger. We are requesting all users to forward this message to their entire contact list. If you do not forward this message, we will take it as your account is invalid and it will be deleted within the next 48 hours. Please DO NOT ignore this message or blackberry will no longer recognise your pin. If you wish to re-activate your account after it has been deleted, a charge of £25.00 will be added to your monthly bill. We are also aware of the issue involving the pictures updates not showing. We are working diligently at fixing this problem and it will be up and running as soon as possible. Thank you for your cooperation.

BlackBerry about To Lose A lot Of People This is the real broadcast from Blackberry© All rights reserved.

Broadcast this message to every single contact on your BBM© to reset your display picture, sorry for any inconvenience
*ITS ON THE NEWS!"


Cape deh.

Gw ga abis pikir buat mikirin orang-orang yang buat beginian. Gak ada kerjaan yang lebih penting kali ya? Mungkin pekerjaannya selain sebagai pencipta HOAX, orang ini juga kerja sebagai bellboy. Kenapa bellboy? Gw jg ga tau.

Gw curiga, jangan-jangan ini orang memiliki kelaenan jiwa. Masalahnya, mungkin aja dia buat beginian supaya suatu saat dia terima BM bikinannya sendiri dari orang lain (yang udah sukses ketipu) dan ia meraih suatu kepuasan. Kepuasan apa gw ga tau. Yang jelas, orang ini udah gila. Orang ini layak disebut Batman (manusia kampret).

Motif kedua, mungkin yang buat pesan ini adalah pihak saingan RIM. Bisa jadi dari kubu perusahaan perangkat smartphone lainnya yang ingin menghancurkan image RIM di mata publik. Kalo memang ini bener, gw masih menganggapnya sebagai suatu usaha curang untuk mengandaskan RIM. Nyebelin sih, tapi ga separah si Batman.

Nah, sekarang gw mau bahas si Batman. Kenapa bahas Batman? Karena banyak banget pesan-pesan di bm yang diciptain sama orang-orang ginian. Kecurigaan gw mengarah pada suatu kalangan atau kelompok sosial tertentu yang kebiasaannya buat BM-BM ga penting ini.

Mereka ini mungkin awalnya bukan yang buat beginian. Tapi yang pasti, mereka yang paling sering nyebarin. Sikap yang sama sekali ga peka sama informasi telah menjerumuskan mereka kedalam lubang perbudakan informasi yang lebih dalam lagi. Intinya, udah ga ngerti, malah jadi tambah ga ngerti. Teori komunikasi jarum suntik mungkin masih berlaku buat masyarakat seperti mereka ini. Limited Effect Theory? Sudah pasti terbantahkan kalo konteksnya semua masyarakat di dunia kayak mereka. Terus, kenapa gw jadi ngomongin teori-teori komunikasi? Ah pusing. Pokoknya besok pas UAS, nilai komas (komunikasi massa) gw harus bagus. Oke, gw semakin gak nyambung dari topik.


Lanjut. Nah, berawal dari kebanyakan dapet pesan beginianlah mulai muncul niat norak+katro dari si Batman. Tingkat pertama : Alayers. Mereka mulai ikut-ikutan bikin pesan-pesan yang sifatnya sensasional.. Isi beritanya kosong. Cuma mengandalkan sensasi, kayak gosip. Tapi ini mereka sajikan seolah-olah berita itu memang bener. Hoax2 dari kelompok ini biasanya norak banget dan masih bisa di self-filtering sama sebagian besar pengguna BB.


Setingkat diatasnya, adalah sekelompok masyarakat yang udah lebih berpendidikan tapi menyalah gunakan kepintarannya untuk ngisengin orang. Contoh BM di atas yang gw tampilin itu merupakan salah satu hasilnya. Isinya pake bahasa Inggris yang bagus, terkonstruksi dengan rapi, dan kontennya menyerupai pesan-pesan resmi. Tapi tetep aja, yang namanya hoax itu pada akhirnya bisa dilacak juga. Contoh, dari awal pesannya aja udah ketara kalo itu hoax. Tau darimana? Kalo kita cari di situs resmi RIM, buka "RIM's Executive Team", kita bisa liat CEO-nya siapa. Dan yang paling pertama muncul adalah nama "JIM BALSILLIE", bukan "JIM BALSAMIC"! Emangnya tukang jual balsem apa.


Terus, ada sebuah kalimat yang bunyinya, "we will take it as your account is invalid and it will be deleted within the next 48 hours". It doesn't make sense! Yang terdaftar di server RIM itu PIN BB, bukan akun! Akun itu bentuknya kayak akun fesbuk, akun twitter, google account, ato akun friendster. Yang namanya akun itu (setahu gw) perlu kita daftarin secara manual ke server yang bersangkutan. Contoh, kalo kita ga buat ajun fesbuk, ya kiat ga punya akun fesbuk kan? Kalo BB itu kita gak perlu daftar ke RIM, tapi memang sudah terdata dari pabrik melalui PIN. Dodol.


Kejanggalan kedua, dikatakan kalo mau bebenya lancar, mesti broadcast message ke semua kontak yang lu punya. Gila gak nih orang. Gak masuk logika bener! Secara akal sehat, kalo kita BM ke seluruh kontak, malah akan nambah server RIM penuh! Setiap data BM yang kita kirim itu bakal lewatin server RIM dulu. So, kalo kita BM ke semua kontak bakal menuh-menuhin server RIM dan justru itu kemungkinan penyebab bb suka eror jaringannya. Bayangin, kalo misalnya satu bb punya 100 kontak, dan jumlah pengguna bb yang terlibat dalam aksi sesat ini ada 500.000 orang. Cara ngitung berapa besar beban yang nambah ke server RIM bukan 500rb X 100, tapi 500rb pangkat seratus! Itung sendiri berapa hasilnya. Kenapa dipangkat bukan dikali? karena satu bb gak cuma ngirim data ke 100 bb laennya, tapi juga nerima data dari 100 bb laennya itu juga. Ribet? Gak ngerti? Gw juga. Tapi intinya, mau me-refresh kok pake metode yang bisa menuh-menuhin server RIM?


Yang ketiga. Selama dua tahun gw pake bb, gw ga pernah nemuin BM yang beneran ada efeknya pada bb gw. Dulu pernah gw kena tipu sama sebatang BM yang isinya bilang kalo kita forward tu BM ke seluruh kontak (lagi-lagi ke seluruh kontak), maka BB gw bisa dapetin icon-icon emo baru yang tertera pada BM. Tai banteng! Gw ga dapet efek apa-apa dari BM itu. Setau gw lagi, data-data komputer yang aneh-aneh kerjaan anak IT itu ga bisa disisipin ke BM deh. Soalnya bentuk BM itu cuma nganterin text doank. Intinya lagi, ga mungkin ada BM yang bisa punya efek kalo di BM ke seluruh kontak. Pernah juga gw dapet BM yang katanya ternyata bb kita itu bisa ngecek temperatur badan kita. Sempet gw ikutin lagi. Caranya, teken 4*3*, abis itu tempelin BB lo ke jidat, abis itu tahan selama beberapa detik dan terakhir tekan "P". Hasilnya malah muncul: "SARAP". Sial, gw bener-bener persis kayak orang sarap yang gaptek. Udah lama-lama mondar-mandir di kamar sampil nempel-nempelin BB ke jidat, eh, malah dibilang sarap.


Dan yang terakhir, di ujung BM ada kalimat, "*ITS ON THE NEWS!".. Jelas banget kalo ini memang bener-bener hoax. Kalo memang pesan asli, tentu akan jelas ditulis sumbernya secara detil. Bahkan, sekalian ditulis link-nya jadi pembaca bisa langsung cek keaslian informasinya. Sedangkan kalo cuma tulis "it's on the news" doank mah, semua orang juga bisa. Sekalian aja bikin tulisan, "Pak Tifatul Sembarang barusan pake celana kebalik. It's on the news!"


Sebagai tambahan, ada beberapa jenis pengguna BB. Lebih khusus lagi, gw bahas cuma yang Alay aja yah.


Jenis-jenis alay bb user :


1.Model : ganti pic tiap 10 menit
2.Buronan : ganti nama tiap 10 menit
3.Misterius : nama di profil pake simbol2 sampe susah dicarinya
4.Romeo&Juliet : statusnya cinta2 mulu
5.Reporter : hobinya broadcast message to all  user
6.Teroris : suka BM berita menyeramkan (contoh : sebarkan pesan ini kalo tidak nanti km akan dapat musibah,blablabla)
7.Religius : suka mendoakan via BM
8.Seleb : ganti status tiap 10 menit bahkan kurang dri 10 menit.
9.J‎​ablay: suka BM ping!!! (Ngarep bgt) (cth: "PING me 1x if you like me. PING me 2x, if u don't like me. PING me 3x, if you hate me. PING me 4x if you want to kick my ass!") 
10.Disorientasi: suka bikin status tdk pd tempatnya. Ga bs bedain apa ya? Mana kolom nama,mana kolom status? (cth: yang ada di kolom name: "--**#...R0bBy...#**-- --> laGii b0Senn")


Sumber : BM dari temen




By the way anyway bus way kayak pawae, gw gak menyalahkan siapa pun yang ngirim BM ini ke gw. Tapi, gw hanya menyesalkan kenapa banyak sekali orang-orang yang kerjaannya bikin BM ginian. Ironisnya, banyak dari kerabat kita yang ikut termakan sama informasi beginian. Gw berharap, suatu hari nanti, Indonesia bakal terbebas dari kutu-kutu pendidikan kayak gini. Gw juga berharap, suatu hari nanti pak Tifatul Sembiring bisa ga cuma menginstruksikan RIM untuk blokir situs-situs porno aja, tapi juga bisa blokir pesan-pesan hoax yang beredar di kalangan pengguna BB. Gak mungkin? Emang. Viva laser!

No comments:

Post a Comment