Tuesday, January 11, 2011

Jalan Pedang Tjipta Lesmana

Belakangan ini banyak temen-temen gw yang nge-post tentang jalan pedang Amarzan Loebis, gw juga mau post tentang sebuah kisah jalan pedang. Sebuah jalan yang penuh susah payah, menguras tenaga dan bensin. Judulnya "Jalan Pedang Tjipta Lesmana". Memang bener apa kata Amarzan Loebis, "kalau mau kaya, jangan jadi wartawan!"

Senin 10 Januari 2011, gw bersama Gebi, yaya, JS (Jessica Soehendar), Shinta, n Manda akan berangkat ke Plaza Semanggi. Tujuannya sederhana, mewawancarai pak Tjipta Lesmana selaku Guru Besar Ilmu Politik UPH (yang gw denger dari Gebi sih gitu). Untuk apa wawancara dia? Jadi gini, kita tuh dapet tugas dari dosen MK (Mata Kuliah) 'Penulisan Berita Media Cetak', atau disingkat PBMC. Tugasnya adalah membuat artikel straight news, yang artinya kita harus mengangkat sebuah isu yang lagi hangat-hangatnya sekarang. Alhasil, dipilihlah topik 'Pilpres 2014'. Weezz.. Keren gak judulnya? Enggak? Iya sih, emang biasa aja. Oke, kembali ke curhatan gw. Setelah ngebuat janji sama pak Tjipta, sepakatlah kami untuk bertemu di kantor beliau, di PLASA SEMANGGI. Catat itu.

Kita tetapin untuk berangkat dari SMS (Sumarecon Mall Serpong) jam 9.00.. Sebenernya janjian sama pak Tjipta-nya sih jam 3-an. Tapi yaudalah, kan bisa nongkrong dulu di sana. Akhirnya kita berangkat jam 10 kurang 15. Sampe di gerbang tol Karang Tengah, gw bersiap rogoh kotak di mobil gw yang biasanya gw taro banyak uang seribuan di situ. Bingung ga dapet apa-apa, gw ngomong sendiri, spontan.

"Uang seribuan gw yang biasanya ada di sini mana ya?"
Tiba-tiba Gebi yang duduk di sebelah gw jerit-jerit,
"Bukan gua, sumpah bukan gua!!"

. . . .

Jam setengah dua belas pun kita sudah tiba. Tiba di Slipi. Jakarta, mau jam berapa pun tetep macet. Kita stuck kejebak macet. Masalahnya, tadi gw nanya ke Yaya yang (agak) ngerti seluk beluk jalan di Jakarta,

"Ya, enakan lewat tol apa jalan biasa ya? Lewat tol bayar lagi loh, kalo macet juga jadi rugi deh."
"Lewat tol aja, pasti lebih lancar.. Dan sekarang lo mestinya ambil kiri Ben."
"Betul juga," sembari tetep jalanin mobil, gw baru sadar kalo jalan ke arah masuk pintu tol udah kelewatan.

Akhirnya kita tetep lewat jalan biasa. Singkat cerita, gw belok kiri masuk jalan ke arah Senayan, dan munculah di depan Stadion Gelora Bung Karno. Trus Yaya bilang,

"Oh, lo lewat jalan sini ya Ben? Setau gw sih kalo mo lebih cepet, bukan lewat sini.."
"Iya, gw biasa lewat sini. Maklum, anak daerah, perbendaharaan kamus jalanan di Jakarta masih dikit.. he..he..," kata gw.

Sampe di depan Plaza Senayan, gw membelokan mobil, bermaksud masuk ke Plaza Senayan.

"Loh, kita mau ke sini dulu Ben?" Yaya mulai curiga.
"Lah? bukannya kita memang ketemuan sama pak Tjipta di sini?" jawab gw sotoy.

Seluruh penumpang mobil gw: "BUKAAAAAAAAN!"

Mampus.

Gw dah salah kaprah (lebih tepatnya lupa), salah nangkep selama perjalanan. 'Plasa Semanggi' --> dalem otak gw, disingkat jadi 'PS'. Dan dalam memori otak gw, yang namanya 'PS' itu ada di seberang Sensi. Anjrit banget dah. Akhirnya seisi mobil panik. Gw mencoba menenangkan diri, sambil nanya ke Yaya, siapa tau dia ngerti jalan balik ke PLANGI (singkatan yang udah diulang-ulang di dalem mobil sama mereka, tapi gw ga pernah ngeh),

"Gw ga tau kalo dari sini Ben," kata Yaya, polos.

Gw panik, JS ngakak.

Setelah ga jadi masuk PS, di depan sono kita ketemu sama papan penunjuk jalan yang warnanya ijo. Tertulis kalo mo ke Semanggi, belok kiri. Gw turutin dah apa kata tu papan. Kita temuin bunderan rada gede, yang di tengahnya ada patung orang lg ngangkat2 piring gitu. Kata Gebi sih itu namanya bunderan Piza. Gw ga tau kenapa Gebi bilang itu Piza. Mungkin aja memang namanya itu, atau Gebi pada saat itu lagi laper. Sambil menelusuri jalan, kita liat lapangan belakang GBK di sebelah kiri. Menurut logika peta-nya sih bener lah kita sedang menuju ke arah Semanggi. Kita mulai tenang, sampai akhirnya dihadapkan pada dua pilihan: jalanan jadi kebelah, ya, belah dua. Yaya dengan tegas bilang,

"ambil yang kanan (maksudnya lurus) ben! kalo kiri tuh kita balik lagi ke Tangerang!" katanya. Betul juga. Gw turutin kata Yaya. Terus, mulai ada pembagian jalan lagi, kali ini ada yang lurus, ada yang belok ke kiri alias naek ke tol lagi. Nah di sini malapetaka kedua menghampiri kita. Karena saat itu PLANGI letaknya masih (keliatannya sih) rada jauh di kanan, akhirnya gw sotoy kalo kita harusnya naek ke tol lagi dan bakal ngelewatin pintu depannya PLANGI.

Kebanyakan kata 'sini'

*catatan : kondisi lalu lintas macet total. Gak juga sih, macet aja.

Setelah masuk tol, kita mulai mepet2 kiri supaya bisa nemuin pintu masuk ke PLANGI. Sialnya, kita ga bisa masuk ke PLANGI gara2 kita masih ada di atas tol sedangkan pintu masuk udah muncul di sebelah kiri. Artinya, kita salah jalan lagi. Huff.. Mati aja gw.

Sempet liat-liat bangunan yg ada di sebelah PLANGI, ada hotel The Crown. Abis lewatin hotel The Crown dan gedung-gedung lainnya, kita mulai panik. Ini gimana cara muternya?? Yaya nyerah, akhirnya dia pipis di jalan. Bukan, tapi dia nelpon bokapnya. Minta petuah dari bokap. Trus bokapnya bilang,

"nyari parkir di Plaza Semanggi itu susah, mending kamu parkir di THE CROWN. Abis itu baru jalan kaki ke Plaza Semanggi, kan deket,"
"Oia!" Yaya baru ngeh, dan seisi mobil cuma bisa bilang "betul juga".
Pasrah, kita nyari puteran dan ternyata memang ga ada tempat untuk muter selain di bunderan HI. Karena macet parah, kita butuh waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke bunderan HI. Di sana kita muterin bunderan HI-nya pelan-pelan. Kenapa pelan-pelan? Macet! Akibat jalan secara pelan-pelan ini, gw jadi kehilangan konsentrasi dan melakukan kesalahan fatal:
Bukannya putar arah, malah nyasar (lagi)


Mampus, gw salah ambil jalan (lagi). Alhasil, setelah salah ambil jalur, gw nekat muter balik di perempatan berikutnya. Bodo amat. Mau ada polisi atau enggak, gw labas.

Singkat cerita, posisi kita udah ada di seberang PLANGI lagi. otomatis kita nyari jalan yang bisa bawa kita ke seberang lagi. Ga ada jalan laen, kita lewatin bunderan Piza lagi. Kita kena macet lagi. Udah itu kita lewatin lapangan belakang GBK lagi. Udah itu gw baru nyadar kalo gw dah make kata 'lagi' sebanyak lima kali di paragraf ini.

Gw ga mau untuk kedua kalinya melakukan kesalahan yang sama. Kali ini gw ambil jalur lurus.



Nah, ternyata dari situ ada jalan untuk muter balik. Dari sono baru bisa masuk ke PLANGI!!
Setelah akhirnya menemukan pintu masuk ke gedung PLANGI dengan susah payah, kita hepi. Cuma ini pintu yang mengarah ke gedung PLANGI, gak ada yang laen. Hal itu bisa gw pastikan karena di ujung jalan cuma ada belokan ke kiri yang ujung-ujungnya sampe ke bunderan HI lagi. Udah hepi-hepi gitu, tiba-tiba gw liat ada tulisan di sebelah pintu masuk :


"KHUSUS BONGKAR MUAT DAN MOTOR"

2 comments:

  1. HAHAHAHAAHAHA. NGAKAK.
    lo sih tolo banget ben, ini tuh gabungan antara pikun & kecerobohan lo, hahahaha!

    ReplyDelete
  2. memang ya.. gw akui deh ini 70% karena kejeniusan gw.. Tapi tetep ada juga peran2 dari para penumpang yang ikut berpartisipasi dalam ketersesatan ini! wkakaka.. *alibi contoh: saat gebi treak2 kalo dia bukan orang yang ambil duit seribuan gw. gak nyambung ya?

    ReplyDelete