Monday, January 31, 2011

The Perfect Start of Final Exam!

Hello world! Udah lumayan lama nih gw ga nge-post lg. Dengan situasi yang kayak gini, gw merasa antusiasme gw untuk bikin blog ini jadi warm-warm chicken shit (Anget-anget tai ayam). Tapi tunggu dulu. Tersangka utama penyebab gw ga rajin nge-post lagi adalah UAS! Yeah, UAS udah ngebuat gw jadi sok sibuk. Sibuk nyari kisi-kisi, terus sibuk nyalin kisi-kisi ke catetan, abis itu mesti dijawab kisi-kisinya, dan setelah itu gw jadi males ngapalnya.

Gw udah memasuki masa-masa sulit. Suatu masa dimana gw ga bisa lagi maen PES tiap malem (walaupun siang masih bisa), gw ga bisa lagi berleha-leha setiap ada waktu luang. Waktu yang ada sudah seharusnya gw curahkan sepenuh hati untuk UAS. Kalau nilai UAS gw jelek, nanti rekam jejak pendidikan gw jadi jelek juga. Kalo rekam jejak pendidikan gw jelek, gw bakal susah dapetin kerjaan. Kalo gw susah dapet kerjaan, gw bisa jadi miskin. Kalo miskin, gw bakal susah dapet cewek. Percaya deh.

Btw, sekadar info, di hari pertama UAS gw dihadepin sama ujian PDP (Pengantar Desktop Publishing) yang notabene berhubungan sama belajar Adobe-adobe gitu. Bahan-bahan yang dipelajari cukup sedikit. Tapi masing-masing punya sub-bahasan yang banyak. Secara garis besar, kita cuma perlu belajar Adobe kiosfoto (Photoshop), Adobe Illustrator, sama Adobe InDesign. Intinya simpel, photoshop buat edit foto, illustrator buat bikin poster, dan Indesignn buat bikin majalah. Di pertemuan terakhir semester kemaren, sang dosen udah ngasi kita tugas buat dikumpulin pas ujian berlangsung. Tugasnya adalah membuat majalah (dalam bentuk softcopy tentunya) sebanyak 4 halaman. Sedikit emang, tapi lumayan ribet. Seiring berjalannya waktu (sahh), gw nyicil tu tugas dan berhasil selesai lebih cepat dari yang gw perkirakan. Setelah selesai ngebakar datanya ke sebuah piringan mengkilat, yang biasa disebut disc, gw jadi lega dan seneng.

UAS pertama gw dimulai pada hari Selasa, 18 Januari 2011. Hari Seninnya, gw memastikan untuk terakhir kali kalo gw udah mantap menghadapi UAS ini. Gw belajar dengan serius bareng kawan-kawan di SMS (Sumarecon Mall Serpong). Belajar bareng kita sangat efektif. Bahkan saking efektifnya, belajar bareng kita akhiri dengan nonton bioskop.

Setelah pulang kerumah dari belajar bareng yang sangat efektif itu, gw mandi. Udah malem soalnya. Gw liat jadwal UAS besok, ternyata ujian PDP dimulai pada pukul 8 pagi. Kalian tau lah, orang kayak gw paling susah bangun pagi. Gw tuh orangnya setia, apalagi sama kasur. Hal ini membuat gw nyetel alarm di bebe pada jam tujuh.

Sebelum tidur, gw pastikan sekali lagi dengan liat bebe gw. Tertulis alarm sudah disetel pada jam tujuh. Alarm-nya ON. Bebe udah gw colokin ke charger. Batre bebe udah mau mati, jadi harus dicas. Gw udah memastikan kalo charger gw ga salah colok.
"Ya, charger-nya udah gw colokin," yakin gw dalem ati.
"Ya, bener kan udah dicolok? oh udah," sekali lagi gw mastiin.
"Oke terakhir kalinya sebelum gw tidur, itu charger udah kecolok kan?" kata gw, minta dicolok.

Setelah menyadari kalo bentar lagi udah mau kiamat, gw lebih baik gak buang-buang waktu mastiin bebe yang udah dicolok dan segera tidur.

Mimpi Indah

Pagi
Rasanya..
Baunya..
Suaranya..
Kesunyian masih ramai di situ
Bahkan,
Si raja siang masih terlalu khilaf
Untuk meninggalkan singgasananya

...

Titik embun membawa suka
Air menari di atas talas
Alam bawah sadar tak mengusik
Harum basah seolah
Meluluhlantahkan batin
Salahkah ku?
Lagu merdu deruan hujan
Masih mengantar
Ku kembali pada pelukan guling, terus tidur lagi dan ngences.

Dari puisi yang gak nyambung sama judulnya di atas, gw memperkirakan kalo waktu itu masih pagi banget.
Ya, perkiraan gw saat itu masih pukul enam pagi. Jadi, gw masih punya waktu sekitar satu jam lagi untuk nuntasin urusan gw sama si kasur. Gak berapa lama, gw masih bisa mimpi lagi. Gw cuma mau bangun kalo alaram di bebe udah treak-treak. Karena masih belum denger tanda-tanda kehidupan dari si bebe, gw tarik selimut lagi. Hal ini terjadi berulang kali. Gitu terus. Sampai pada akhirnya gw mulai curiga.

Gw bangun dari kasur, gw liat ke  arah jam dinding, gw mau nangis.

UDAH JAM SETENGAH SEMBILAN!! *catatan: jam dinding gw telat 10 menit

Kenapa si bebe juga masi ikutan pules? Karena udah mati! si bebe gak ke-cas! Memang bener gw udah colokin tu charger, tapi gw lupa neken tombol "on" di saklarnya. Perfecto!
Setelah menyadari kedodolan gw yang ga bakal bisa pernah masuk akal ini, gw langsung lari ke kamar mandi, gak sempet ngambil handuk ato obat cuci muka. Sampe di kamar mandi, gw ga tau mau ngapain karena ga bawa apa-apa. Gw panik banget saat itu. Akhirnya gw liat kaca di depan gw. Gw meratapi nasib sebagai anak kuliahan yang telat parah di hari pertama ujian akhirnya. Stop ratapi diri sendiri, gw langsung cuci muka kilat (ga pake sabun muka), dan langsung ganti baju untuk ke kampus. Kalo kalian tanya gw sempet gosok gigi apa gak. Jangankan gosok gigi, kentut aja belom sempet.

Akhirnya gw sampai di kampus dengan hanya memerlukan waktu selama empat menit. Sepanjang perjalanan ke kampus, diperkirakan sudah tujuh orang pejalan kaki tewas di tempat, lima kritis, empat orang wasir, tiga orang koma, dan satu orang titik.

Gw lari-lari di kampus kayak orang penting kampus. Sesampainya di depan kelas, gw liat semua orang udah di dalem kelas. Ya iyalah, gw dah telat nyaris satu jam. Gw masuk ke kelas, dan semua temen-temen gw langsung mangap. Disangkain gw mau bagi-bagi lemper apa. Abis mangap, mereka lalu langsung ngegosip ngomongin gw satu sama lain, bisik-bisik, tapi suaranya tetep kedengeran sampe kuping gw. Sekilas suara mereka kayak tawon. Ngggg... psstt.. psstt.. nggg.. pssstt.. Sekejap suasana kelas jadi riuh ringan. Beruntung dosennya baek, gw masih diperbolehkan mengikuti ujian. Sambil ngambil kertas dan soal ujian, gw denger sekilas beberapa percakapan mereka.

"pasti belom mandi.."

ada juga yang bilang
"pasti dia panik pas bangun tidur.."

aneh-aneh lagi
"haha.. Gw bisa bayangin tampang cengo-nya pas bangun tidur.."


"Eh, nomor 1b jawabannya apa?"


. . . . .


Pas gw jalan ke meja gw, ada yang nyeletuk,
"Mandi ga lu Ben?"
"Kagak, lah," jawab gw nyantai.

Satu kelas jadi ketawa n berisik. Belakangan gw baru tau kalo sebagian besar berisiknya karena nanya jawaban.

Gw pikir kayaknya gw udah cukup berhasil mengacaukan start pertama Ujian Akhir Semester gw. Blunder yang gw lakuin udah bener-bener parah. Masih ngos-ngosan di bangku ujian, gw sempet berpikir kalo kejadian hari ini akan gw tulis di blog dan selesai sampai disini. Ternyata gw salah besar. Pas dosen pengawas bilang,
"CD-nya ntar dikumpulin setelah kalian selesai ngerjain ujian praktek ya."
Gw baru nyadar kalo CD gw ketinggalan di rumah. Karena terburu-buru, gw jadi lupa bawa tu CD.

"Sial bangeet gw hari ini," sesal gw.

Di sela-sela waktu jeda antara ujian teori dan praktek, gw balik lagi ke rumah, ngambil tu CD, dan balik lagi ke kampus dengan secepat gledek. Total ada dua belas pejalan kaki tewas di trotoar, tiga angkot tebalik, dua sapi pingsan, empat orang luka berat, dan satu orang makan bakwan.

Namun, pada akhirnya, di hari yang berbahagia itu gw berhasil melewati semuanya dengan tanpa kekurangan suatu apapun. Gw masih punya alasan untuk bersyukur. Bersyukur untuk.. untuk.. untuk apa ya? Yah, paling tidak gw bisa gosok gigi dan mandi setelah pulang dari kampus.

No comments:

Post a Comment